Pelatihan Keperawatan Bencana Level 1

hipgabi.org | Pengurus Pusat Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (PP HIPGABI) periode 2023 – 2028, mengadakan kegiatan pelatihan perdana yakni Pelatihan Keperawatan Bencana Level 1 yang diselenggarakan pada 16 – 21 Januari 2024 di Bumi Perkemahan dan Wisata – BUPERTA Cibubur Jakarta Timur.

Kegiatan pelatihan keperawatan bencana level 1 ini berhasil dilaksanakan dengan baik dan diikuti oleh 39 peserta yang berasal dari perwakilan Pengurus Wilayah (PW) HIPGABI, Rumah sakit dan Institusi Pendidikan Keperawatan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan komitmen PP HIPGABI dalam menghadirkan perawat perawat yang kompeten dalam memberikan asuhan keperawatan pada tanggap darurat bencana. Dan kegiatan ini juga menjadi bagian dari penyempurnaan dan perbaikan dalam kurikulum Pelatihan yang pada akhirnya akan di masukkan kedalam system informasi akreditasi pelatihan (SIAKPEL) Kementerian Kesehatan.

Dalam Pelatihan keperawatan Bencana Level 1 ini, peserta mengikuti proses pembelajaran secara blended yakni 2 hari secara daring dan 3 hari dilakukan secara luring. Adapun Para pemateri dan Fasilitator kegiatan pelatihan ini terdiri dari Kepala Pusat Krisis Kesehatan (Puskris Kemenkes), Perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Tim Satgas Kurikulum Bencana PP HIPGABI.

Peserta selama 5 hari pelatihan, mempelajari kompetensi pelatihan sebagai berikut :

  1. Kebijakan dan Strategi Nasional Penanggulangan Bencana di Indonesia
  2. Kebijakan Penanganan Krisis Kesehatan di Indonesia
  3. Aspek Legal Etik Keperawatan Bencana 
  4. Konsep Dasar Keperawatan Bencana
  5. Peran perawat dalam Pengurangan Risiko Bencana
  6. Kesiapsiagaan Keperawatan Bencana
  7. Asuhan Keperawatan Gawat Darurat saat Bencana
  8. Asuhan Keperawatan Berkelanjutan Pasca Bencana
  9. Kaji Cepat Kesehatan (Rapid Health Assessment)
  10. Dampak Bencana pada Kesehatan Mental  Perawat dan Korban
  11. Membangun Komitmen Belajar (BLC)

Kemudian sesi Materi Skill Station terdiri dari  :

  1. Mapping Hazard
  2. Rapid Health Assesment (RHA)
  3. Disaster Contigency Plan
  4. Emergency Wound Care
  5. Teknik Evakuasi
  6. Psychological First Aid (PFA)
  7. Initial Assesment dan BHD
  8. Pengkajian Pasca Bencana

Dalam sesi penutupan, Ketua PP HIPGABI menyampaikan Dinamika pelatihan keperawatan bencana yang sudah berlangsung untuk Angkatan 1 akan menjadi komitmen dari PP HIPGABI untuk menyempurnakan kurikulum dalam waktu dekat ini sehingga kegiatan pelatihan ini dapat dilakukan diberbagai PW HIPGABI seluruh Indonesia

HIPGABI

Bersatu, Berkualitas, Bermanfaat